Uncategorized

Hidrogel dan Dunia Kesehatan

Pernah dengar hidrogel? Menurut kalian, benda apakah itu? Mungkin pernah liat benda seperti ini nih..

Yap! Selama ini, sering kita melihat hidrogel sebagai media tanaman hias 😀

Hidrogel merupakan poilimer yang memiliki kemampuan menahan air dalam stukturnya yang berpori. Setelah beberapa hari ini ‘berkutat’ dengan hidrogel, jadi tahu ternyata banyak lho pemanfaatan hidrogel dalam dunia kesehatan. Ini beberapa di antaranya :

1. drug delivery system (sistem penghantaran obat)

Ternyata, hidrogel telah lama diaplikasikan pada sistem penghantaran obat. Obat dimasukkan ke dalam hidrogel, ketika hidrogel kontak dengan medium berair, air akan berpenterasi ke dalam hidrogel dan melarutkan obat. Pengembangan yang dilakukan saat ini adalah mendesain hidrogel sebagai penghantar obat yang terkontrol dan spesifik bagi suatu organ/jaringan tertentu. Hal ini didasarkan pada sifat hidrogel yang bio-adesif dan sensitif terhadap perubahan lingkungan.

2. penyembuhan luka

Sifat hidrogel yang merupakan polimer yang dapat menyerap dan menahan air merupakan alasan hidrogel digunakan sebagai pembalut luka. Hidrogel dapat menyerap eksudat/cairan luka dan partikel-partikel yang ada di dalamnya, misalnya bakteri. Hidrogel dapat memacu pertumbuhan fibroblast karena memastikan daerah sekitar luka tidak kekurangan cairan. Hidrogel juga membantu menjaga lingkungan mikro sekitar luka sehigga reaksi biosintesis yang terjadi dapat berjalan dengan baik.

3. tissue engineering
Terapi regeneratif saat ini makin berkembang dan jamak dilakukan untuk berbagai kasus. Hidrogel telah digunakan dalam tranplantasi kornea, payudara, dan sel hepar.

4. gen delivery / transfeksi gen
Selama ini, kita mengetahui bahwa transfeksi gen menggunakan virus sebagai vektor/pembawanya. Namun, hal ini memiliki kekurangan, misalnya dapat memicu reaksi imunitas. Saat ini, penelitian dilakukan untuk mengembangkan polimer, termasuk hidrogel, sebagai vektor gen yang akan ditransfeksikan dan polimer diketahui memiliki efisiensi transfeksi yang tinggi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s