Hallmark of Cancer – How important to know?

Satu sitasi yang pasti dipakai dalam penelitian mengenai kanker adalah Hanahan&Weinberg (2011). Kedua orang ini bisa dibilang selayaknya ‘artis’ dalam dunia per-kanker-an :). Nah paper mereka yang terkenal itu berjudul “Hallmark of Cancer”. Apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan Hallmark of Cancer? Hallmark sendiri berarti ‘karakteristik tertentu, yang menarik perhatian’. Pada tahun 2006, Hallmark of Cancer versi Hanahan&Weinberg ada 6 macam, dan pada tahun 2011 ditambah menjadi 10 macam. Berikut adalah Hallmark of Cancer :

1. Sustaining Proliverative Signaling (mendukung sinyal proliferasi)

Sel normal secara hati-hati meregulasi produksi dan pelepasan sinyal pertumbuhan yang menginstruksikan sel untuk masuk dalam fase ttt dalam siklus sel dan akhirnya dapat membelah. Hal inilah yang menjaga homeostasis pertumbuhan sel normal. Sel kanker mengalami deregulasi sinyal pertumbuhan dan menyebabkan sinyal pertumbuhan selalu ada atau terjadi overekspresi dari reseptor sinyal pertumbuhan, yang pada akhirnya menyebabkan sel kanker berproliferasi secara membabi buta. Salah satu jenis reseptor sinyal pertumbuhan adalah EGFR (epithelial Growth Factor Receptor). Oleh karena itu, inhibitor EGFR menjadi salah satu strategi terapi kanker. Contoh obat berdasarkan mekanisme ini adalah lapatinib.

2. Evading Growth Supressor (menghindari supresor pertumbuhan)
Dalam keadaan normal, terdapat tumor supressor gene yang menjadi sinyal untuk menghentikan pertumbuhan/pembelahan sel ketika sel dalam keadaan stres. Contoh tumor supressor gene adalah p53 dan pRb. Ketika sel mengalami stres/anomali, protein ini akan teraktivasi dan menyebabkan sel mengalami perbaikan atau kematian (apoptosis). Dalam berbagai jenis kanker, terjadi defisiensi atau mutasi dari tumor supressor gene. Seperti pada kasus kanker serviks, terjadi degradasi p53 dan pRb yang disebabkan oleh protein-protein dari Human Papilloma Virus (HPV) yang menyebabkan proses karsinogenesis. Oleh karena tumor supressor gene ini berperan penting pada siklus sel, maka obat yang dikembangkan berdasar karakteristik kanker ini adalah inhibitor protein siklus sel (CDK inhibitor). Belum ada obat yang teruji klinis sebagai CDK inhibitor hingga saat ini.

3. Avoiding immune destruction (menghindari kerusakan oleh sistem imun)
Sistem imun sebenarnya mampu mengenali sel kanker sebagai sel nonself yang berbeda dengan sel normal lain. Akan tetapi, sel kanker dapat menghindari pengenalan oleh sistem imun dengan berbagai mekanisme, antara lain dengan translokasi antigen sel kanker sehingga tidak dapat dikenali oleh APC. Obat antikanker yang berdasarkan sistem imun ini adalah Tremelimumab yang merupakan antibodi IgE2 dan menstimulasi sistem imun penderita kanker untuk membunuh sel-sel kankernya.

4. Enabling Replicative Immortality (mengalami pembelahan terus-menerus)
Ujung kromosom dilindungi oleh telomer, yang menimbulkan kemampuan untuk sel berproliferasi terus menerus. Pada sel normal, telomer terus memendek seiring proses proliferasi sel, hingga akhirnya proliferasi sel berhenti. Pada kanker, terdapat enzim telomerase yang dapat memperpanjang telomer, menyebabkan sel berproliferasi terus menerus. Obat yang dikembangkan sebagai telomerase inhibitor adalah GRN163L dari Merck yang saat ini memasuki tahap uji klinis awal dan memiliki aksi menempel pada RNA telomerase sehingga tidak terbentuk protein telomerase.

5. Tumor-promoting inflammation
Inflamasi ternyata berperan penting pada berbagai Hallmark of Cancer dengan mensuplai molekul bioaktif ke tumor microenvironment, antara lain growth factor, survival factor, proangiogenic factor, dan lain-lain. Terdapat kemungkinan berbagai obat antiinflamasi kronis dapat digunakan dalam terapi kanker.

-continued..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s