Uncategorized

Hallmark of Cancer – How important to know? – Part2

Melanjutkan posting yang ditulis sebelumnya di sini , berikut adalah 5 hallmarks lain kanker :

6. Aktivasi invasi dan metastasis

Tahap invasi dan metastasis merupakan tahap lanjut progresi kanker dalam tubuh. Fenomena inilah yang menyebabkan kanker dapat menyebar ke berbagai organ di tubuh. Invasi dan metastasis ini diketahui berkaitan erat dengan matriks ekstraseluler sel, misalnya E-cadherin. E-cadherin menjaga sel satu dengan yang lain atau dengan matriksnya tetap berikatan sehingga tidak terlepas satu per satu. Pada sel kanker, terjadi penurunan ekspresi E-cadherin sehingga sel kanker dapat terlepas dari matriksnya, kemudian menginvasi dan bermetastasis ke bagian lain tubuh. HGF/cMet merupakan salah satu protein yang meningkatkan insidensi metastasis sehingga inhibisi reseptor tersebut menjadi target pengobatan kanker pada tahap metastasis. Obat yang bekerja dengan mekanisme ini antara lain cabozatinib dan foretinib yang saat ini sedang diuji klinik.

7. Induksi angiogenesis

Sel dalam tubuh kita membutuhkan asupan nutrisi yang cukup, yang berasal dari pembuluh darah di sekitar sel tersebut. Untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya, sel kanker mampu menginduksi angiogenesis, yaitu membuat pembuluh darah bagi sel-sel kanker tersebut. Salah satu protein yang menjadi pemicu angiogenesis adalah vascular endothelial growth factor (VEGF) yang dalam keadaan normal berfungsi untuk menjaga homeostasis sel endotel pembuluh darah. Pada sel kanker, dapat terjadi overekspresi VEGF, sehingga inhibitor VEGF dapat menjadi terapi kanker. Obat berdasar mekanisme ini telah cukup banyak, yang paling umum digunakan adalah bevacizumab dengan merk Avastin.

8. Mengalami instabilitas genomik dan mutasi

Sel-sel dalam tubuh mengalami mutasi untuk kemudian berkembang menjadi kanker. Sebenarnya tubuh pun memiliki fungsi untuk memperbaiki gen yang termutasi, tetapi proses tersebut terjadi sangat lambat. Sementara, sel kanker diketahui menyebabkan peningkatan mutasi untuk lebih memacu tumorigenesis-nya. Mutabilitas tersebut dapat terjadi dengan peningkatan sensitivitas terhadap suatu mutagen, misalnya dengan kerusakan komponen-komponen pemelihara gen. Sementara, terapi kanker justru menginginkan gen suatu sel kanker rusak sehingga sel kanker dapat mati. Protein PARP dalam sel kanker akan me-repair kerusakan gen yang terjadi pada sel kanker, sehingga sel kanker tetap hidup dan tumbuh. Oleh karena itu, PARP inhibitor menjadi salah satu obat kanker dan contoh obatnya adalah iniparib, yang saat ini masih berada pada uji klinik fase 3.

9. Menghindari kematian sel

Apoptosis atau kematian sel terprogram merupakan jalur ideal dan idaman bagi pengobatan kanker. Sistem apoptosis terdiri dari 2 bagian yaitu upstream regulatir dan downstream efektor. Regulasi apoptosis dapat terjadi melalui dua jalur, jalur ekstrinsik dan intrinsik, dan melibatkan mitokondria sebagai komponen penting dalam peristiwa apoptosis. Secara umum, induksi apoptosis terjadi melalui kesetimbangan protein pro- dan antiapoptosis yang merupakan anggota famili protein Bcl-2 dan memiliki motif protein BH3. Obat kanker dikembangkan dengan meniru bentuk BH3 tersebut, antara lain obatoclax.

10. Deregulasi pengaturan energi seluler

Sel kanker dapat meningkatkan glikolisis dan uptake glukosa ke dalam sel yang menyebabkan produksi energi dalam sel kanker lebih banyak dibanding sel normal. Energi tersebut digunakan untuk sel kanker berproliferasi. Inhibitor glikolisis aerobik dikembangkan menjadi anti kanker, antara lain Dichloroacetic acid (DCA) dan 2-deoxy-D-glucose (2DG).

Pemahaman mengenai hallmark of cancer tentu penting untuk pengembangan penelitian di bidang onkologi. Agen kemoterapi atau kemoprevensi, baik tunggal maupun kombinasi, yang komprehensif terhadap berbagai karakteristik kanker tentu akan menjadi pilihan bagi terapi klinis kanker 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s