Uncategorized

Sekilas DLBS (Dexa Laboratories of Biomolecular Sciences)

Dari sekian banyak industri farmasi di Indonesia, satu yang sangat menarik perhatian saya adalah DLBS. Kenapa? Karena RnD yang dilakukan banyak menggunakan bioteknologi, skrining aktivitas biologi tanaman, atau bahkan menggunakan kultur sel; bidang yang sedikit saya tekuni ketika S1 hehe. Kedua, karena pernah ketemu dengan orang-orang DLBS waktu seminar, dan mbak-mbak penelitinya terlihat chic, fashionable, dan menarik >:D . Walau pekerjaan penelitian katanya kayak ‘romusha’, tapi ketika tampil tetep harus elegan dan menarik dong ya.. haha. So, ini sedikit catetan tentang DLBS 🙂

Apa itu DLBS?

DLBS adalah salah satu member grup Dexa Medica yang merupakan perusahaan farmasi terkemuka di Indonesia, bahkan ASEAN.

Apa fokus/spesialisasi DLBS?

Tidak seperti kebanyakan industri farmasi Indonesia yang merupakan industri manufaktur obat, DLBS memiliki komitmen untuk menjadi research based organization yang mengembangkan bidang biofarmasetik maupun nutrasetikal. Untuk informasi efikasi dan keamanan suatu bahan, DLBS menggunakan ilmu hingga aras biologi molekuler selain fitokimia, kimia, farmasetis, nanoteknologi, dan klinis.

Bahan apa yang digunakan produk DLBS?

DLBS memiliki tagline ‘we want to be inspired by wonderful nature of Indonesia’ sehingga bahan dasar yang digunakan berasal dari alam/sistem biologis seperti tanaman, hewan, tanah, atau sel. Sebagai bahan aktif, yang digunakan bukanlah senyawa tunggal dari bahan-bahan tsb, tetapi fraksi bioaktif terstandar.



Produk apa saja yang telah dihasilkan?

Hingga saat ini, produk yang telah dipasarkan adalah obat ethical, yaitu Dismeno (untuk dysmenorrhae), Phalecarps (untuk kanker payudara), Disolf (untuk antitrombosis penyakit kardiovaskuler), dan Inlacin (untuk antidiabetes tipe 2). Sayangnya, saya belum menemukan info obat-obat ini sudah tergolong sebagai fitofarmaka atau belum. Berdasarkan artikel yang ditemukan, Inlacin sudah diuji klinis, namun belum ada informasi jelas mengenai produk lain.

cari informasi lainnya di http://www.dlbs.co/ . Bukan mustahil, skripsi-skripsi anak S1 yang banyak berkutat dengan bahan alam dapat menjadi inspirasi untuk produk DLBS selanjutnya 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.