Beasiswa S1 Farmasi UGM

“Mbak, kuliah di farmasi UGM mahal ngga? Saya pengen nyekolahin anak saya di sana, tapi kok takut mahal dan gag mampu..”

Bukan sekali dua kali saya mendapat pertanyaan seperti ini. Dan saya yakin, teman-teman yang mendapat keberuntungan mencicipi bangku kuliah di Farmasi UGM/jurusan lain di UGM pasti juga pernah mendapatkan pertanyaan seperti itu.

Mahal atau tidak, relatif Bu/dek..Tapi yang jelas, banyak tawaran beasiswa yang bisa diambil ketika sudah masuk kuliah.”

Nah, itu adalah jawaban pamungkas saya. Hehe 😀

Ketika awal masuk farmasi UGM, saya kok anaknya masih males-an banget kalo diinget2 TT. Males cari info ini itu, termasuk soal beasiswa ini, huhu. Baru sadar peralihan tahun dua-tiga kuliah, bahwa dengan beasiswa bisa sedikit bantu orangtua. Ada beberapa temen yang punya sikap : “Ah saya emang gag mau nyari beasiswa, toh orang tua saya masih mampu. Saya gag mau ngambil yang bukan hak saya.” Boleh boleeeeeeh..punya sikap kayak gitu, semua orang bebas punya sikap hehe. Tapi yang perlu diingat sekarang ini : beasiswa sudah tidak hanya tersegmentasi bagi yang kurang mampu, tetapi juga untuk meningkatkan value seseorang. Maksudnya? Kebanyakan beasiswa saat ini tidak hanya menyediakan dana pendidikan bagi mahasiswa, tetapi juga kegiatan untuk meningkatkan value mahasiswa, seperti training-training kepemimpinan maupun pengembangan diri, kajian agama, bahkan ada pula yang menyediakan asrama agar value yang didapat lebih nyata dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Satu lagi nilai plus dari beberapa bentuk beasiswa adalah pengembangan jaringan, baik dengan donatur-donatur beasiswa, maupun dengan mahasiswa dari universitas lain yang menerima beasiswa yang sama. Nah, yang perlu diingat, ada beberapa beasiswa yang memang mensyaratkan ‘surat keterangan tidak mampu’ — nah, yang ini kalo teman-teman memang orangtuanya berkecukupan, tentu jangan mendaftar beasiswa ini, zalim namanya hehe.

Oke sekian pendahuluannya, jadi ada beasiswa apa saja yang bisa di-apply oleh mahasiswa S1 Farmasi UGM?

Sedikitnya ada 3 jenis lembaga pemberi beasiswa bagi kita, yaitu DIKTI (pemerintah) dan UGM, Yayasan, dan Perusahaan. Yuk kita lihat contoh-contohnya 🙂

DIKTI (PEMERINTAH) dan UGM

1. PPA (Peningkatan Prestasi Akademik) – DIKTI

Syarat :

– mengisi form yang ada di bagian akademik setiap fakultas

– mendapat persetujuan dan rekomendasi dari WD bidang kemahasiswaan

– fotokopi ijazah SMA (bagi mahasiswa tahun 1), kartu hasil studi/transkrip

– surat keterangan penghasilan orang tua (bukan surat keterangan tidak mampu)

note : katanya sih yaaa..yang mempengaruhi dapat tidaknya beasiswa ini adalah ‘akademik’ alias IPK atau nilai di ijazah :). Jumlah beasiswa yang didapat hingga tahun 2013 adalah Rp 350.000,00/bulan selama 1 tahun, dan dapat diperpanjang dengan prosedur yang sama. Biasa dibuka pendaftaran pada bulan Maret-April dan pengumuman bulan Juni.

2. BBP-PPA (Bantuan Biaya Pendidikan Peningkatan Prestasi Akademik) – dulu BBM (Bantuan Belajar Mahasiswa) -DIKTI


Syarat : sama dengan PPA, tetapi surat keterangan penghasilan orang tua diganti surat keterangan tidak mampu.

Waktu pendaftaran sama dengan beasiswa PPA.

3. BOP (Bantuan Operasional Pendidikan) – UGM

Syarat :

  1.   Formulir Seleksi
  2.   Formulir Permohonan Beasiswa
  3.   Transkrip Nilai terbaru
  4.   Fotocopy KK terbaru
  5.   Surat Penghasilan Orang tua yang terbaru (asli serta paling lama 3 bulan yang lalu)
  6.   Fotocopy KTM

note : Dalam prosedurnya, beasiswa BOP juga membutuhkan wawancara dengan BEM dari fakultas yang bersangkutan untuk mendapatkan rekomendasi. Cmiiw 🙂

4. Bidik Misi

Mungkin beasiswa ini yang paling familiar dengan anak-anak SMA karena memang ada kuota masuk perguruan tinggi melalui jalur bidik misi. Seleksi dilakukan sejak akhir masa SMA dan dikhususkan bagi anak dari keluarga yang kurang mampu. Sayangnya, kuota bidik misi belum dapat dipenuhi oleh UGM. Informasi dari direktorat kemahasiswaan UGM menyebutkan bahwa belum terpenuhinya passing grade masuk UGM oleh para pelamar. Beasiswa ini menjamin bebas biaya kuliah hingga lulus (tepat waktu) dan memberikan uang saku bulanan sebesar Rp 600.000,00. Terdapat komunitas penerima beasiswa Bidik Misi dengan nama ‘kamadiksi’

info : http://bidikmisi.dikti.go.id/

5. Beasiswa Mahasiswa Berprestasi UGM

beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa-mahasiswi yang menunjukkan prestasi selama menjadi mahasiswa UGM, guna memberikan dorongan dan semangat untuk meningkatkan prestasi mahasiswa. Prestasi disini tidak hanya dalam bidang akademis (IPK), ada juga kategori penelitian dan karya ilmiah, publikasi karya ilmiah populer, olahraga, seni, organisasi, dan prestasi khusus di tingkat nasional, regional, atau internasional. Contoh persyaratan dapat dilihat di : http://upload.ugm.ac.id/download.php?file=633beasiswa.pdf . Daan, setiap tahunnya beberapa mahasiswa farmasi UGM alhamdulillah mendapatkan beasiswa ini, dari berbagai bidang 🙂

YAYASAN

1. Tanoto Foundation

Di bidang per-beasiswa-an, Tanoto Foundation memiliki prestige yang cukup tinggi. Beasiswa ini meng-cover semua uang kebutuhan kuliah kita (SPP dan BOP), memberikan uang saku (yang jumlahnya lumayan), serta mengadakan training-training kepemimpinan baik tingkat universitas maupun regional. Prosedur yang dilakukan tahap pertama adalah mengisi formulir dan tetek bengeknya (kelengkapan berkas) dan membuat esai. Jika lolos, maka akan masuk ke tahap kedua, yaitu wawancara dan FGD/focus group discussion. Beberapa tahun yang lalu, tepatnya anak farmasi angkatan 2007, cukup banyak yang mendapat beasiswa ini (5 orang kalau tidak salah). Tetapi setelah itu, tidak ada sama sekali yang bahkan masuk ke tahap dua, entah mengapa ._. Saya pernah tanya sih dalam suatu kesempatan dengan orang dari Tanoto Foundation, tapi katanya tidak ada ‘ke-sensitif-an’ tertentu dengan Fakultas Farmasi UGM kok hehe 😉 Jadi monggo dicoba adek-adek 😀

info : http://www.tanotofoundation.org

2. KSE (Karya Salemba Empat)

Sedikit banyak saya mendapatkan cerita tentang beasiswa Yayasan KSE dari salah dua sahabat saya yang beruntung mendapat beasiswa ini 😉 Keunikan beasiswa ini adalah ‘beasiswa dalam beasiswa’. Terdapat berbagai perusahaan yang menjadi donatur bagi yayasan KSE. Ketika kita mendapat beasiswa KSE, ada kemungkinan mendapatkan beasiswa tambahan dari perusahaan yang menjadi donatur. Misalnya, sahabat saya ada yang mendapat beasiswa dari Ind*f**d, sehingga mendapat kesempatan untuk mengikuti leadership training setiap beberapa bulan sekali, juga mendapat beasiswa tugas akhir. Ada juga program tambahan dari bank m*nd*r* untuk mahasiswa yang memiliki minat kewirausahaan. Nah ini yang saya sebut di awal sebagai value beasiswa 🙂

Untuk proses seleksinya sendiri cukup simpel, yaitu mengisi formulir dan melakukan wawancara dengan pengurus paguyuban di universitas tempat kita kuliah, misalnya KSE Paguyuban UGM. Oia, di setiap univ yang mendapat jatah beasiswa KSE, dibentuk juga paguyuban sebagai wadah kegiatan sosial grantee KSE 🙂

info : http://guyubrukun-kseugm.blogspot.com/

3. Martoyo Foundation

Beasiswa Martoyo Foundation merupakan bukti nyata kepedulian alumni fakultas Farmasi UGM angkatan 2006 untuk memfasilitasi calon apoteker muda dalam rangka membentuk generasi apoteker masa depan yang berkualitas, berkarakter, dan mewarisi spirit dan semangat dari Martoyo Foundation – Berikut adalah pendahuluan dari pengumuman beasiswa ini 🙂

Yap! Beasiswa ini diinisiasi oleh kakak angkatan alumni farmasi UGM tahun 2006. Beasiswa yang lain daripada yang lain, kenapa? Karena ketika beasiswa lain mensyaratkan IP minimal 3, beasiswa ini justru menyasar mahasiswa dengan IP 1,00-3,00. Antimainstream. Menyasar teman-teman yang kemungkinan harus membagi fokus antara kuliahnya dengan kegiatan lain, seperti mencari nafkah untuk kuliah/keluarga sehingga IP-nya sulit ditingkatkan. Diberikan pula pelatihan pengembangan diri bagi grantee. Beasiswa ini mencakup biaya SPP dan BOP selama 1 tahun.

info : http://martoyofoundation.wordpress.com

4. Program Pembinaan Sumber Daya Manusia Strategis (PPSDMS) Nurul Fikri

Dari namanya saja, sudah jelas bahwa beasiswa ini tidak hanya memberikan dana pendidikan bagi grantee, tapi juga membina mahasiswa menjadi pemimpin masa depan. Visi PPSDMS adalah : Pesantren Mahasiswa Aktif Berprestasi. PPSDMS menyediakan beasiswa reguler berupa uang saku per bulan dan asrama yang penuh dengan program-program pengembangan diri. Ada pula beasiswa entrepreneur dengan nama Mien R. Uno Foundation – Entrepreneur Development Scholarship for Youth (MRUF ENVOY).

Info : http://ppsdms.org

5. Beasiswa Van Deventer-Maas Stichting (VDMS)

VDMS merupakan yayasan pribadi milik orang Belanda, Mr. Coen van Deventer, dan memiliki visi untuk meningkatkan pendidikan orang Indonesia melaui pemberian beasiswa atau proyek. Salah satu poin penting dalam penilaian adalah membuat motivation letter dalam bahasa inggris :). Syarat lain kurang lebih sama dengan beasiswa lainnya, dan dapat dilihat di http://dirmawa.ugm.ac.id/2013/03/penawaran-beasiswa-van-deventer-maas-stichting-vdms-2013-3014/

6. Beasiswa KAGAMA

Kagama yang merupakan singkatan dari ‘Keluarga Alumni Gadjah Mada’ tidak ketinggalan untuk memberikan beasiswa bagi adik-adik mahasiswa UGM yang berasal dari keluarga menengah ke bawah. Berikut adalah contoh persyaratan beasiswa Kagama : http://dirmawa.ugm.ac.id/2012/08/penawaran-beasiswa-kagama-tahun-2012/ dan beasiswa ini rutin diadakan setiap tahun 🙂

PERUSAHAAN

1. Wardah Foundation

Terdapat 2 jenis beasiswa yaitu

a. beasiswa prestasi : untuk semester 5-6, mencakup SPP+BOP+uang saku,melengkapi berkas dan lolos tes tertulis

b. beasiswa tugas akhir : untuk mahasiswa semester 7-8 (sedang membuat tugas akhir)

c. beasiswa pemberdayaan : dikhususkan untuk keluarga tidak mampu, mencakup SPP+BOP+uang saku

Berdasarkan yang saya lihat, cukup banyak teman-teman farmasi yang mendapat beasiswa dari Wardah, mungkin dikarenakan teman-teman farmasi cukup dekat dengan bidang dari industri Wardah (kosmetik) hehe ;). Bahkan, ada juga teman-teman yang ‘katanya’ mendapat beasiswa sekaligus direkrut oleh Wardah walaupun belum lulus kuliah. Mari kita tunggu kabar selanjutnya dari teman-teman itu 🙂

2. Beasiswa Bakti BCA

dikhususkan untuk teman-teman yang memiliki prestasi dan berasal dari keluarga kurang mampu. Untuk keterangan persyaratan tahun 2012 dapat dilihat di http://dirmawa.ugm.ac.id/2012/11/penawaran-beasiswa-bakti-bca-tahun-2012/ . Semoga tahun 2013 ini akan diadakn kembali 🙂

Fyuuuuh. Sekian dulu cerita per-beasiswa-an yang dapat diambil ketika temen-temen kuliah di Farmasi UGM. Monggo kalo ada yang mau nambahin atau meng-koreksi 😉 Insya Allah akan di-update lagi info2nya hehe 🙂

If there’s a will, there will be a way, insya Allah; just remember it 🙂

Advertisements

One thought on “Beasiswa S1 Farmasi UGM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s