Cegah kanker payudara dengan melakukan apa yang kita tahu sekarang

Beberapa waktu yang lalu nemu artikel menarik ini untuk para wanita di Nature, judulnya “Preventing breast cancer now by acting on what we already now”. Hampir semua wanita waswas dengan kemungkinan kanker payudara, mengingat insidensinya yang terus meningkat. Dan ternyata, insidensinya justru meningkat tajam di low- dan middle-income countries. Gaya hidup yang berkembang di negara-negara tersebut meningkatkan resiko kanker payudara. Di lain pihak, di negara-negara tersebut belum tersedia fasilitas kesehatan dengan teknologi yang setinggi negara-negara maju dan menyebabkan penanganan primer yang kurang memadai. Solusinya, ya dengan “prevensi”. Klise, mencegah lebih baik dari mengobati. Tapi di artikel ini diulas bahwa 50-70% kanker payudara dapat dicegah melalui upaya primary prevention.

Peningkatan hormon pemicu kanker payudara (estrogen dan progesteron), perubahan pola reproduksi, dan perubahan gaya hidup akibat peningkatan ekonomi, adalah tiga faktor utama yang meningkatkan resiko kanker payudara. Faktor yang paling memungkinkan untuk dimodifikasi adalah gaya hidup. Ternyata, aktivitas fisik yang rutin dilakukan dan menjaga berat badan memberikan pencegahan terbaik bagi kanker payudara! Untuk wanita yang memiliki resiko tinggi, disarankan penggunaan obat yang tertarget untuk kanker payudara. Berikut adalah strategi pencegahan kanker payudara yang diulas di artikel ini.

nature breast cancer

Well, sebenarnya strategi-strategi yang diungkap disini “generik”, pola makan sehat dan aktivitas fisik yang rutin memang dianjurkan untuk menghindari penyakit apa pun. Tapi setidaknya dengan melihat efek yang didapat, harusnya meningkatkan komitmen para wanita-wanita untuk hidup lebih sehat! Termasuk saya :))))

Artikel asli dapat dibaca di sini

Referensi

Colditz, G.A. and Bohlke, K. Preventing breast cancer now by acting on what we already now. 2015. npj Breast Cancer.​doi:10.1038/npjbcancer.2015.9

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s