pharmaceutical analysis

Shampoo 2 in 1, efektif?

Kemaren waktu ikut kuliah anfar, ceritanya lagi mbahas tentang analisis bahan-bahan dalam kosmetik, khususnya sabun dan shampoo. Pernah gag sih lagi di kamar mandi, gag ada kerjaan trus merhatiin bagian label shampoo atau sabun, dan melihat nama-nama senyawa aneh njlentrek di sana? Well, ternyata emang ribet banget mau bikin sebuah shampoo atau sabun dengan busa yang melimpah, wangi, dengan daya bersih yang oke. Butuh riset tingkat tinggi lah, gag asal campur *ya iyalah yooon*. Nah, sebenernya apa bagian paling penting dari sabun atau shampoo?*dan pembersih-pembersih lainnya*

struktur umum surfaktan
sumberl
Ada suatu golongan senyawa namanya surfaktan. Nah si surfaktan ini punya keunikan, dia punya bagian yang suka air (hidrofil) dan bagian yang suka lemak (lipofil). Karena keunikannya ini, dia digunakan sebagai pembersih. Kenapa begitu? Karena kotoran-kotoran yang nempel di tubuh kita kan sifatnya berlemak, jadi kalo cuma dibilas pake air susah ilang. Dengan bantuan surfaktan, sisi lipofilnya akan mengikat kotoran, sedangkan sisi hidrofilnya mengikat si air sehingga ketika dibilas, kotoran bakal terbawa oleh air. Tadaaa! Badanpun jadi bersih.
Tapi ada kekurangannya juga nih. Surfaktan belum bisa bedain mana lemak yang jadi kotoran di kulit kita, mana yang memang dihasilakn tubuh untuk menjaga kelembaban kulit. Akibatnya, lemak baik pun kebanyakan ikut kebawa saat kita membersihkan tubuh, kulit jadi kering deh. Makanya jangan rajin-rajin mandi! 😀 *ini kesimpulan yang aneh haha*. Bukan ding, makanya sering-sering pake pelembab, khususnya cewek-cewek nih 🙂
begini cara si surfaktan bersihin kotoran di kulit
sumber
Begitu juga dengan rambut, biar gag kering, pake conditioner. Di iklan sering kan denger slogan shampoo 2 in 1 atau 3 in 1, dimana shampoo ama conditioner dah jadi dalam 1 botol, jadi cuma sekali pake doank. Praktis kan? Tapi efektifkah? Sebenernya gag efektif loh, karena kan shampoo bakal ngilangin lemak-lemak dari rambut kita, sedangkan conditioner bakal melapisi rambut kita dengan lemak yang baik, sehingga kelembabannya bakal tetap terjaga. Sehingga pemakaiannya yang tepat ya pake shampoo dulu, baru pake conditioner. Nah, kalo pemakaiannya dijadiin satu gimana? Otomatis lemak baik yang dibawa ama conditioner bakal kebawa ama surfaktannya shampoo dong, gag nempel di rambut, gag efektif kan?
Yeah, yang ribet kadang emang lebih baik 😀
*gag nyambung haha
\
Advertisements